Disadur
dari buku Frang Jefkins dan Daniel Yadin
Judul
Public Relation, Penerbit Erlangga, 2003
Beberapa
hari kemarin, sejak dimulainya semester 7 (tujuh) saudara - saudara Kami dari
jurusan Ilmu Komunikasi kampus peradaban, sedang sibuk - sibuknya mencari
lokasi/kantor untuk Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu mata
kuliah yang terhimpun dalam sistem kredit semester (SKS). Ada yang memilih PPL
di kantor media cetak maupun elektronik, studio foto dan tentunya
Institusi/Kantor yang memiliki biro Public Relation (Baca: Humas) dan
Marketting. Maka dari itu, persiapan “bekal” sangat perlu untuk menunjang
proses PPL dan memaksimalkan praktik komunikasi serta transformasi Ilmu
pengetahuan dari Lingkungan PPL kepada Mahasiswa. Tak ada salahnya jika Saya
sadur gagasan ini demi kepentingan akademis dan pendalaman ilmu komunikasi.
semoga bermanfaat.. semoga menuai nilai PPL yang memuaskan dan bermashlahat
:)
Jenis – jenis pekerjaan yang harus dilakukan
oleh manager PR dan para stafnya berbeda – beda di setiap
perusahaan/organisasi, dan banyak factor yang akan mempengaruhinya. Meskipun
demikian, sebagai panduan umum, berikut diuraikan jenis – jenis pekerjaan yang
lazim dilakukan:
- Menyusun serta mendistribusikan siaran berita (new release), foto – foto dan berbagai artikel untuk konsumsi kalangan media massa.
- Mengorganisasikan konferensi pers, acara – acara resepso dan kunjungan kelangan media massa ke organisasi/ perusahaan.
- Menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi utama bagi kalangan media massa.
- Mengatur acara wawancara antara kalangan pers (media cetak), radio dan televise dengan pihak managemen.
- Memberikan penerangana singkat kepada fotografer, serta membentuk dan mengola sebuah perpustakaan foto.
- Mengenal serta mengola berbagai bentuk komunikasi internal lainnya seperti kaset rekaman video, slide untuk presentasi, majalah dinding dan sebagainya.
- Menyunting serta memproduksi jurnal – jurnal eksternal untuk konsumsi para distributor, para pemakai jasa/produk perusahaan, para konsumen langsung dan sebagainya.
- Menulis dan membuat bahan – bahan cetakan seperti literature pednidikan, sejarah perusahaan, laporan – laporan tahunan, literature pelantikan untuk pegawai baru, anaeka poster yang bersifat mendidik untuk sekolah dan lain – lain.
- Mempersiapkkan berbagai bentuk instrument audio-visual, sepertu menyusun lembaran – lembaran slide untuk presentasi dan kaset rekaman video, termasuk melaksanakan distribusi, penyusun katalog, pameran dan pemeliharannya.
- Mempersiapkan dan mengatur acara – acara pameran dan menjalankan eksebisi PR, termasuk juga menyediakan berbagai macam materi yang diperlukan.
- Mempersiapkan dan memelihara berbagai bentuk identitas perusahaan/organisasi seperti logo perusahaan, berikut segenap komposisi warna, tipografi, dan hiasannya, pengaturan jenis kendaraan – kendaraan dinas, pakaian seragam para pegawai dan sebagainya.
- Menaganai berbagai acara – acara sponsor yang berhubungan dengan kegiatan PR.
- Mengelola hal – hala yang berkaitan degan berbagai kunjungan seperti fasiliyas penerbangan/pelayaran, pengurusan tiket, persiapan akomodasi, turd an sebagainya.
- Mengikuti rapat – rapat penting yang diselenggarakan dewan direksi dan pimpinan perusahaan, serta rapat – rapat terbatas yang diadakan oleh kepala departemen produksi, pemasaran, penjualan, dan lain – lain.
- Mengikuti konferensi khusus yang diadakan oleh devisi penjualan, serta terlibat dalam pertemuan – pertemuan para agen.
- Mewakili perusahaan pada pertemuan asosiasi dagang/bisnis.
- Berhubungan dengan konsultan PR eksternal jika perusahaan/organisasi merekrut mereka.
- Melatih segenap staf PR.
- Mempersiapkan survey – survey pendapat dan berbagai macam penelitian lainnya.
- Mengawasi tugas – tugas periklanan – berhubungan dengan biro iklan – bila fungsi periklanan memang dibebankan kepada departemen PR.
- Berhubungan baik dengan kalangan politisi dan birokrat.
- Mengatur penyelenggaraan acara – acara resmi, misalnya berupa acara peresmian bangunan baru, termasuk mengatur para tokoh penting, tamu undangan dan kalangan media massa yang datang meliput.
- Mengatur acara – acara kunjungan para pejabat penting, tamu kehormatan maupun tokoh – tokoh asing ke perusahaan/organisasi.
- Mengadakan hari ulang tahun perusahaan/organisasi, pemberian penghargaan dari pemerintah kepada perusahaan/organisasi atas prestasinya dibidang industry atau bidang – bidang lainnya.
- Mengorganisasikan berbagai umpan – balik dari berbagai sumber informasi, mulai dari kliping Koran/majalah, berita – berita radio dan televise, serta memantau berbagai bentuk laporan dari luar.
- Menganalisis umpan-balik dan mengevaluasi hasil dari upaya untuk mencapai suatu tujuan.